Page 23 - edisi5
P. 23
Dengan adanya transformasi dari LBB menggunakan video conference yang heran, para staf di PBB adalah
menjadi PBB, banyak terobosan terkait memanfaatkan program Skype dan Lync orang-orang terpilih yang memiliki
sistem yang integratif untuk menyatukan (atau yang saat ini lebih dikenal dengan keahlian di bidang sistem dan teknologi
pengelolaan yang semula terpisah-pisah MS Teams). informasi. Di antara suka dan duka yang
menjadi terpusat. Pengelompokan dialami di PBB adalah terkait proses
kelas-kelas mahasiswa yang semula Pengembangan mode tutorial ini juga koordinasi antar unit yang harus terus
dikelola oleh fakultas, kini dilakukan dilakukan terkait dengan Praktikum mengalami perbaikan, seperti koordinasi
secara terpusat oleh PBB. Selain itu, Tatap Muka (PTM). Mahasiswa yang dengan Program Studi, pengelola Bahan
materi perkuliahan untuk mahasiswa melaksanakan praktikum harus Ajar, pengelola Bahan Ujian, dan lain-lain.
dapat distandarisasi melalui menyerahkan laporan yang dinilai oleh
penggandaan kelas Tuton yang juga pembimbing praktikum, lalu Tentunya, Bapak Kartono juga
dilakukan secara terpusat. Terlebih lagi, mengumpulkan laporan tersebut ke UT menyampaikan bahwa pengembangan
sistem penilaian mahasiswa yang semula Daerah. Sebelum tahun 2019, sistem sistem terus dilakukan untuk
dilakukan menggunakan perhitungan pelaporan kegiatan praktikum menciptakan integrasi yang lebih baik
manual, menjadi otomatis menggunakan dilaksanakan secara manual dan lagi. Kepada para mahasiswa, beliau
sistem yang dapat mengolah angka berbentuk laporan fisik berupa print-out, menyampaikan dua pesan. Pertama,
menggunakan rumus penilaian. Karena hal ini menyebabkan UT tidak dapat dalam mengikuti TTM, Tuton, Praktikum,
transformasi pengelolaan ini, UT menelusuri dan memvalidasi nilai yang dan Karya Ilmiah, jangan suka menunda
membuka perekrutan tutor atau diberikan kepada mahasiswa karena pengumpulan tugas. Pesan dari Bapak
pengajar yang berasal dari luar instansi tidak adanya proses verifikasi apakah Kartono yang selanjutnya dan tak kalah
UT dan mengadakan seleksi serta yang memberikan nilai laporan tersebut penting adalah terkait dengan etika
pelatihan-pelatihan untuk calon tutor benar-benar dosen pembimbing bersosial media. Jika mahasiswa
dari luar UT tersebut. Transformasi mode praktikum. Sejak tahun 2019, PBB mengalami kendala yang berkaitan
Tuton terus berlangsung hingga tahun meluncurkan aplikasi praktikum dengan dengan pelayanan di UT, maka
2018, hingga di tahun tersebut domain praktik.ut.ac.id, yang semestinya dapat menghubungi atau
pengelolaan Tuton sudah rapih dalam memungkinkan mahasiswa untuk mengkonfirmasi melalui Hallo UT atau
pengelolaan kelas-kelas mahasiswa. mengunggah laporan praktikum dan channel informasi layanan lainnya.
Hingga saat ini pun, pengelolaan sistem memungkinkan pihak UT untuk Sebagai quote penutup dari tim redaksi:
masih terus dilakukan demi memberikan memverifikasi dosen pembimbing
layanan maksimal kepada mahasiswa dan praktikum, sehingga penilaian dapat “Pembelajar yang cerdas das
ang cer
“P
embelajar y
berbagai pihak yang terkait dengan dipertanggungjawabkan. bukan dilihat dari ijazah bukan dilihat dari ijazah
penyelenggaraan akademik di UT. ataupun nilai di atas ataupun nilai di atas
Menurut penuturan Bapak Kartono, saat
k
Selain Tuton, tentunya PBB juga ini, PBB yang memiliki 14 orang staf ini kertas, melainkan dilihat ertas, melainkan dilihat
mengelola TTM, yang saat ini sudah berwenang untuk tidak hanya dari totalitas dan dari totalitas dan
dikelola secara terintegrasi di pusat. memberikan pelayanan bantuan belajar, integritas, karena UT integritas, karena UT
Dalam pengelolaan TTM, PBB tetapi juga menjawab berbagai kasus dan selalu berupaya a
y
selalu berupa
menangani urusan pemantauan, permasalahan serta melakukan
memberikan la
y
verifikasi nilai, dan pelaksanaan penyelesaian atas kasus dan masalah memberikan layanan anan
pembelajaran y
praktikum tatap muka. Mulai tahun 2013, tersebut bahkan yang bersifat personal. pembelajaran yang ang
dikembangkan alternatif mode TTM Kasus-kasus yang sering ditangani paling berkualitas!” -SNT-berkualitas!” -SNT-
yaitu Tutorial Webinar (Tuweb) dengan banyak adalah kasus terkait sistem. Tidak
18
JELAJAH UT