Page 15 - Majalah Edisi 8
P. 15
Yang menarik, para duta bebas UT Bandung terus mendukung,
berekspresi, pakai bahasa, gaya tetap hadir dan percaya. Anak-anak
busana, semua disesuaikan dengan ini luar biasa. Kadang ide mereka
karakter masing-masing. “Yang lebih gila dari kita!” ujar Eris.
penting tetap jaga marwah UT. Tapi Mimpi besar ke depan? Ada
cara tampil? Biar mereka yang Duta UT Nasional yang mewadahi
tentukan,” tambah Eris. duta-duta seluruh UT daerah,
kolaborasi brand, dan komunitas.
Dari Duta ke Dunia “Suatu hari, mereka bisa jadi
Nyata bintang iklan, MC acara besar,
Dampaknya? Luar biasa. Banyak sampai influencer edukatif nasional.
duta yang kini tampil di forum Kita punya talenta, kenapa tidak?” Duta
nasional dan internasional: ada Marketing
i UT Bandung, branding bisa gabung Duta Marketing! Fika, juara debat nasional yang Ayo Berani Tampil!
datang lewat konten Tiga nilai utama: SMART – mewakili UT di forum internasional; Untuk mahasiswa UT di seluruh bukan hanya
Instagram Story, TikTok edukatif, Behavior – Talented, menjadi acuan Fadila Novianti, anggota Majelis Indonesia, pesan dari UT Bandung sebagai alat
atau video keren karya mahasiswa dalam menyeleksi. Bukan cuma Wali Amanat (MWA) perwakilan sederhana: “Mau itu dipilih, mahir
sendiri. Mereka dikenal sebagai yang good looking atau jago mahasiswa; Dian, vokalis juara itu dilatih, manfaat itu promosi, tapi
Duta Marketing UT ngomong, tapi juga punya DISPORSENI; juga Jimmy, ketua dibagikan.” Gak perlu tunggu tempat
Bandung—wajah-wajah muda yang semangat belajar dan niat Koko Cici Jawa Barat. Ada yang jadi sukses dulu untuk bisa berdampak.
bukan hanya stylish, tapi juga kontribusi. “Duta marketing ini brand ambassador Wardah, guru Mulai aja dari yang bisa—dari media mahasiswa
inspiratif dan berdampak nyata. bukan cuma alat promosi, tapi jadi berprestasi, hingga pendiri sekolah sosial, dari hal kecil, dari sekarang. nemuin
Semua dimulai dari tempat mahasiswa nemuin jati diri,” komunitas yang disokong Wali Kota. Karena di UT, jarak bukan
keresahan kecil staf muda UT ungkap Eris. “Dulu mereka malu halangan untuk tampil dan jati diri
Bandung, Eris Harisman. “Saya ngomong. Sekarang? Tampil berkembang. Duta Marketing UT
lihat, banyak potensi besar Tampil Totalitas, di percaya diri di publik, bisa bikin Bandung sudah membuktikannya.
mahasiswa di dunia digital, Sosmed dan Event video, punya portofolio digital yang
sehingga saya tercetus ide Para duta bukan hanya muncul di keren, sangat menginspirasi,” kata
membuat komunitas kreatif sebagai media sosial—mereka juga ikut Eris bangga.
panggung belajar dan promosi dengan presentasi ke
berkembangnya semangat sekolah-sekolah, jadi MC di event Tantangan dan Mimpi
pendidikan terbuka. besar UT, bahkan pernah bertemu Nasional
langsung dengan Rektor UT. Tantangannya kini adalah
Dari Coba-Coba Jadi Sebuah privilege yang luar biasa keberlanjutan. Banyak duta yang
Trendsetter bagi seorang mahasiswa UT! udah kerja, atau sedang tugas akhir,
Gebrakan awal dimulai dengan “Respons audiens pun luar jadi susah bagi waktu.” Karena itu,
membuka Batch pertama di akhir biasa. Akun pribadi para duta regenerasi dan struktur organisasi
2023, hanya 20 pendaftar. Tapi langsung dibanjiri DM dari calon mulai diperkuat. “Kami dari pegawai
sekarang? Rekrutmen bisa tembus mahasiswa yang ingin tahu lebih
100 pendaftar dari berbagai latar banyak tentang UT,” cerita Eris
belakang, intinya satu - pengen sambil tertawa.
10